twitter
    "... karena hidup penuh hikmah ..."

Antara Suka, Sayang, dan Cinta

          Perasaan memang terkadang sulit dimengerti,. Perasaan juga sering membuat bingung karena sangat sulit untuk mengetahui apa yang kita rasakan sebenarnya,. Malah salah memahami apa yang kita rasakan sedikit banyak akan menimbulkan kesalahpahaman,.

         Hidup bersosialisasi dengan orang lain tidak akan terlepas dengan yang namanya perasaan,. Jika seseorang memiliki pendapat, sifat, ataupun senada dengan hal-hal yang kita sukai maka timbullah perasaan-perasaan positif,. Sebaliknya, jika hampir semua yang dimiliki oleh seseorang sangat bertolak belakang dengan diri kita maka muncul perasaan-perasaan negatif,. Perasaan positif bisa berupa suka, kagum, sayang, bahkan cinta,. Adapun yang negatif seperti jengkel, benci, dan lain-lain,.

          Antara suka, sayang, dan cinta, kebanyakan menurut persepsi orang merupakan hal yang serupa,. Tapi sebenarnya itu adalah tingkatan perasaan,. Rasa suka bisa diartikan merasa kagum kepada seseorang atas sesuatu hal yang dimilikinya, entah itu kepandaian, menarik, akhlaknya baik, rajin, atau karena hal lainnya,. Rasa suka ini sifatnya tidak tahan lama dan mudah berubah bahkan bisa jadi perasaan suka ini hanya muncul sekilas dipikiran kita,. Maka bukan hal yang spesial jika seseorang memiliki perasaan suka atau kagum kepada orang lain,. Saat seseorang bersikap sangat baik pada orang lain, belum tentu itu adalah rasa sayang atau cinta, bisa jadi hanya rasa suka atau kagum saja,.

           Rasa suka mudah hilang tetapi justru bisa berubah menjadi rasa sayang,. Saat rasa suka sudah mendorong untuk memiliki atau setidaknya sekedar bisa berada disampingnya bagaimanapun caranya, rasa inilah yang terkadang dianggap sebagai rasa sayang,. Sayang kepada seseorang yaitu saat kita menyukai dan mampu berempati terhadap apa yang terjadi pada orang tersebut,. Tingkatan untuk rasa sayang ini biasanya sudah menyentuh pada titik-titik kalbu,.

         Saat rasa sayang telah semakin mendalam maka timbullah yang namanya cinta,. Ibaratnya, jika rasa sayang adalah sebuah pesisir pantai, maka rasa cinta adalah bagai lautan di samudera, begitu luas, begitu  dalam,. Rasa cinta takkan hilang begitu saja karena sudah berakar kuat didalam hati,. Jika rasa itu mudah hilang, maka itu bukan cinta sebenarnya,. Cinta adalah anugerah terindah,. Setiap orang punya hak untuk mencintai dan dicintai,.

          Namun pemahaman kebanyakan orang terlalu sempit untuk memaknai cinta,. Cinta pada umumnya hanya mereka tujukan pada lawan jenis,. Padahal perasaan kepada saudara ataupun orang tua juga bisa diartikan sebagai rasa sayang dan cinta,. Bahkan kesempurnaan cinta yaitu cinta yang paling indah dan terindah kepada Sang Penggenggam Hati dan Sang Pemilik Cinta,. Bukan hanya sekedar sayang atau suka pada-Nya, tapi hadirkanlah rasa pada tingkatan tertinggi yaitu rasa cinta pada-Nya,.


"Mencintai apapun yang ada dimuka bumi ini, entah itu makhluk atau bukan, maka harus didasari rasa cinta kepada-Nya dan tidak boleh melebihi rasa cinta kepada-Nya,."
_raisalmakassary_



 

4 komentar:

cahputri mengatakan...

Assalamu'alaikum
blog walking perdana,
nhaah..saya ada ni link ni: http://kenduricinta.com

btw,load blog-nya kog agak berraat ya?hhee

sudah saya tinggalkan jejak,selamat berteman dng blog baru saya :)

nice enough blog...

Rais Almakassary mengatakan...

Wa`alaykumsalam,.
Wahh,makasih link ya verly,baguss,,

Load blog yg berat mgkin trgntung sinyal atw krn kontennya kali, blm trll paham jg,he,.

Iy, slamat berteman, nnt tak kunjungi jg blogmu,.
Makasih ya,.

Novi Tata mengatakan...

Assalamu'alaikum..
blogwalking juga..

bener bgt --> "Mencintai apapun yang ada dimuka bumi ini, entah itu makhluk atau bukan, maka harus didasari rasa cinta kepada-Nya dan tidak boleh melebihi rasa cinta kepada-Nya,."

keep bloging :)

Rais Almakassary mengatakan...

Wa`alaykumsalam,.

:-)

Iya,makasih ya udah berkunjung,.
:-)
Tulisan2 di blog novi juga bagus2,.
:-)