twitter
    "... karena hidup penuh hikmah ..."

Manajemen

          Manajemen, sebuah materi yang sangat menarik ternyata untuk dikaji,. Setiap orang pasti butuh prinsip manajemen,. Entah itu untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain,. Dalam sehari, Anda hanya memiliki waktu 24 jam untuk mengerjakan segala sesuatu aktifitas yang Anda miliki, bagaimana Anda mengalokasikan waktu tersebut agar  semua aktifitas Anda bisa terselesaikan,. Dalam sebulan Anda juga tentunya punya penghasilan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup Anda, bagaimana Anda mengalokasikan penghasilan tersebut untuk memenuhi segala kebutuhan Anda,. Di sisi lain, dalam perusahaan, Anda punya banyak karyawan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan di perusahaan Anda, bagaimana Anda mengalokasikannya untuk memperoleh laba maksimum,. 

         Ya, semua pertanyaan diatas dapat dijawab dengan prinsip manajemen,. Manajemen merupakan sebuah "tools" yang kita gunakan untuk mengoptimalkan apa yang ingin kita capai,. Karena pentingnya prinsip manajemen, maka manajemen dijadikan sebagai salah satu dari cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana me-manage, mengatur, mengorganisir, dan mengontrol sesuatu,.

          Secara umum, manajemen dilakukan terhadap dua hal yaitu manajemen sumber daya manusia dan manajemen sumber daya lainnya,. Namun secara lebih rinci, ada enam unsur yang terdapat dalam manajemen yang dikenal dengan 6M yaitu Man, Money, Machine, Method, Market, Material),. Keenam unsur tersebutlah yang diatur dan di-manage secara efektif dan efisien untuk mengoptimalkan tujuan yang ingin kita capai,.

         "Sumber Daya Manusia adalah siapa saja yang siap, mau, dan mampu untuk memberi sumbangan terhadap tujuan yang ingin dicapai bersama,."

      Prinsip manajemen sangat penting dimiliki oleh seseorang, terutama bagi Anda yang mempunyai impian menjadi seorang pemimpin,. Mengapa,. Karena tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin hampir seluruhnya didasari oleh prinsip manajemen,. Makanya pimpinan sering juga disebut sebagai seorang Manajerial,. Saat menjadi seorang pemimpin, Anda tentunya membawahi berbagai sumber daya manusia (karyawan, anggota organisasi, dll) serta sumber daya lainnya (modal, dll). Sebagai seorang pemimpin tentunya Anda akan dituntut agar bagaimana caranya mampu mengoptimalkan tujuan yang ingin dicapai dengan memaksimalkan manajemen sumber daya yang Anda miliki secara efektif dan efisien,. Anda akan berhadapan dengan berbagai karakter karyawan Anda serta keterbatasan modal yang semuanya itu harus Anda organisir dengan baik,.

         Tidak ada trik khusus untuk melakukan manajemen, Manajemen sifatnya tidak kaku tetapi fleksibel,. Manajemen disebut juga sebuah seni, menemukan kombinasi dan cara terbaik untuk mencapai tujuan organisasi,. Manfaatkan insting, intuisi, bakat, dan segala yang Anda miliki untuk memaksimalkan proses manajemen Anda,. Untuk mengerti tentang cara manajemen yang baik, tentu saja Anda dapat mengasahnya dalam kehidupan sehari-hari Anda,. Bagaimana Anda melakukan manajemen atas keuangan Anda, atas waktu yang Anda miliki, aktifitas, dan hal-hal lainnya,.

       Untuk bisa memimpin orang lain, terlebih dahulu belajarlah untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri,. Kalau memimpin diri sendiri saja tidak bisa, jangan bermimpi bisa memimpin orang lain dengan baik,.


        

          "Hidup di dunia ini sangat singkat, jangan sampai waktu Anda banyak terbuang untuk hal yang sia-sia,. Maka lakukanlah manajemen terbaik untuk kehidupan Anda dan untuk masa depan Anda,."
_raisalmakassary_


0 komentar: